Home

Pupuk Majemuk Tablet

 Tahukah sahabat LembahPinus.Com bahwa salah satu permasalahan penggunaan pupuk berbentuk butiran / curah yang diaplikasikan dengan cara disebar dipermukaan tanah adalah sifatnya yang mudah menguap, tercuci, atau terbawa aliran air permukaan? Sifat ini tentulah tidak menguntungkan karena pemakaian pupuk akan cenderung boros, utamanya jika pemupukkan permukaan dilakukan pada musim hujan.

Salah satu cara untuk mengantisipasi kehilangan ini adalah dengan cara memperkecil luas permukaan pupuk dengan cara memperbesar butiran pupuk melalui rekayasa pencetakkan. Dengan ukuran yang makin besar yang berarti luas permukaan makin kecil dibandingkan dalam bentuk butiran maka daya larut pupuk akan berkurang. Pupuk dalam ukuran yang lebih besar ini biasa disebut dengan controlled-release fertilizer. atau biasa disebut juga dengan pupuk tablet.

Prinsip kerja pupuk controlled-release fertilizer adalah dengan menciptakan ketidak seimbangan massa dari kondisi keseimbangan konsentrasi suatu unsur hara dipermukaan koloid tanah. Ketidak seimbangan dilakukan dengan membenankan pupuk controlled-release fertilizer. Kondisi ketidak seimbangan akan menyalurkan unsur hara dari pupuk ke lingkungan sekitarnya yang unsur haranya berkurang akibat diserap oleh sistem perakaran tanaman sehingga tercipta keseimbangan baru.

 

Cara Pembuatan Pupuk Tablet 

Pupuk tablet dibuat dengan cara mencampur bahan pupuk dengan bahan perekat melalui teknik pencampuran basah pada suhu tinggi. Bahan pupuk tablet tersebut kemudian di keringkan dan dihaluskan sebelum memasuki proses pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan tekanan 50 - 100 ton menjadi berbentuk tablet. Proses akhir dari pembuatan pupuk tablet dilakukan dengan memberikan lapisan semipermeable sehingga hanya sedikit air yang dapat diserap oleh pupuk tablet ini.

Slow Release 3 - 32 Bulan 

Pupuk tablet dapat memiliki periode pelepasan - release unsur hara bervariasi dari 3 bulan sampai 32 bulan, tergantung dari ukuran besar tablet. Periode release yang cukup lama ini tentulah sangat menguntungkan bagi sahabat LembahPinus.Com yang memiliki banyak kesibukan.

Cocok Untuk Pembibitan & Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) 

Satu hal penting yang mungkin perlu sahabat LembahPinus.Com perhatikan adalah, pupuk tablet hanyalah cocok diaplikasikan pada bibit tanaman dan pada tanaman yang belum menghasilkan (TBM) di lapangan. Pada saat tanaman mulai menghasilkan atau berproduksi, kebutuhan tanaman akan unsur hara akan meningkat dengan pesat dan penyerapan akan berlangsung cepat, kebutuhan pasokan unsur hara seperti ini tidak akan dapat di suplai oleh pupuk yang bersifat slow release ini.

Berbeda dengan tanaman buah di lapangan, kebutuhan unsur hara pada tanaman buah dalam pot masih dapat di suplai oleh pupuk tablet. Demikian juga jika sahabat LembahPinus.Com adalah pecinta tanaman strawberry dan tanaman hias maka, jenis-jenis tanaman seperti ini akan sangat menyukai 'permen' nutirisi ini.  

Tanaman semusim seperti padi, jagung, kedelai, dan tanaman sejenisnya juga tidak cocok jika pemupukan diaplikasikan dengan menggunakan pupuk tablet karena masa vegetatif dan masa generatif terjadi pada periode yang cepat.

Pupuk Tablet Organik LembahPinus.Com

Pada koleksi tanaman LembahPinus.Com, pupuk majemuk organik tablet pupuk sedang dicoba diaplikasikan pada tanaman vertikultur strawberry dataran rendah. Konsep vertikultur - vertikal kultur adalah salah satu konsep pemanfaatan lahan sempit untuk lahan bercocok tanam dimana tanaman ditanam secara vertikal ke atas. Pemilihan pupuk tablet majemuk organik oleh LembahPinus.Com didasarkan pada pertimbangan bahwa pupuk organik tidaklah akan "membakar" tanaman seperti halnya yang akan terjadi jika pupuk kimia digunakan, petimbangan lainnya adalah terdapatnya kandungan fitohormon giberellin, asam humat fulfat, dan asam organik lainnya yang diperlukan oleh tanaman strawberry untuk tumbuh sehat. Teknik penanaman vertikultur strawberry menggunakan pupuk majemuk tablet organik dapat sahabat LembahPinus.Com pada tulisan tersendiri.

Penjualan Pupuk Majemuk Tablet Organik

Pupuk majemuk tablet organik dengan harga Rp. 800,- / butir dapat sahabat LembahPinus.Com peroleh melalui pemesanan ke 0818 0637 0391 atau melaui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Additional information