Home

Alpukat Miki

Alpukat Miki adalah varietas alpukat unggul dataran rendah yang dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB dengan peneliti Dr. Sobir dan kawan kawan

Alpukat Miki memiliki sifat yang genjah. Dengan ukuran buah besar yang dapat mencapai berat 400-600 gram per-buah, alpukat Miki dapat mulai berproduksi pada usia tanam 2 – 3 tahun, dimana pada umumnya tanaman alpukat baru akan memasuki fase generatifnya pada usia tanam di atas 5 tahun.

Sifat genjah bukannya keunggulan satu-satunga yang dimiliki alpukat miki. Produktifitas alpukat pulen tanpa rasa getir ini dapat dikatakan luar biasa. Jika pada umumnya tanaman alpukat hanya berbuah 1 kali dalam setahunnya, maka alpukat berkulit hijau mengkilap ini dapat berbuah sepanjang tahun membentuk dompolan – dompolan buah lebat pada ujung rantingnya.

Alpukat miki memiliki tampilan daging buah tebal berwarna kuning. Walaupun memiliki rasa yang manis bebas getir, buah alpukat Miki adalah buah yang akan dijauhi oleh ulat  buah, hal ini disebabkan karena kulit buah alpukat Miki terlalu kuat untuk ditembus oleh kebanyakan  rahang ulat buah.

Buah alpukat Miki mengandung senyawa antiprotease dan persin. Senyawa antiprotease adalah senyawa yang dapat mencegah pencernaan protein yang bermanfaat bagi sahabat LembahPinus.Comyang sedang menjalankan program diet sedangkan persin adalah senyawa yang dapat membunuh sel kanker payudara. Persin tidak berbahaya pada kebanyakan manusia, namun pada beberapa individu yang sensitif pada senyawa ini dapat memicu timbulnya masalah alergi.

Jika sahabat LembahPinus.Compernah melihat pohon alpukat yang daunnya habis dimangsa ulat, utamanya dari jenis Cricula trisfenestrata, maka sahabat lembahpinus.com tidak akan menemui keadaan serupa pada pohon alpukat Miki. Daun alpukat Miki bukan saja dapat menimbulkan masalah pencernaan pada hewan ternak seperti kambing, sapi, dan kuda, tetapi daun alpukat ternyata dapat juga menimbulkan masalah pencernaan pada perut ulat.

Alpukat MENTEGA MIKI adalah alpukat unggul yang sangat direkomendasikan LembahPinus.Comuntuk dibudidayakan dalam skala komersial di daerah dataran rendah. Kualitas buah yang prima dan panen yang melimpah mulai usia muda, merupakan peluang yang sangat sayang jika dilewatkan di musim hujan Desember ini.

Bibit Alpukat Miki

Bibit alpukat Miki sambung pucuk / top graftingi  setinggi 40 cm tersedia di Kebun@Bintaro dengan harga Rp. 125.000,- per bibit.

Pemesanan dapat dilakukan melalui SMS ke 0818 0637 0391 atau melalui email ke sales@LembahPinus.Com

Additional information