Jambu Air Semarang

 Jambu air Semarang di pasaran lebih dikenal dengan nama jambu air mawar atau  “jambu madu”, Penamaan  jambu madu diberikan karena rasa jambu air ini  manis seperti madu”. Dinamakan jambu Semarang karena sentra produksi utama jambu air ini terletak di wilayah Semarang dan sekitarnya. 

Jambu Semarang memiliki ciri-ciri  lebih panjang sekitar 3 hingga 8 centimeter lebih panjang dari kebanyakan jambu yang biasa ditemui di pasaran, selain lebarnya yang bisa mencapai lima centimeter dengan kulit buah licin, berkilat berwarna hijau muda atau putih tetapi ada juga yang berwarna merah. Daging buah jambu air Semarang berwarna kehijauan atau putih kehijauan, kering dan renyah.

Dalam perjalanan ke Semarang bulan Juli 2010  LembahPinus.Com  beruntung mencicipi jambu air semarang (Cincalo Hijau Semarang) yang dibeli di Jl. Pandanaran yang selama ini terkenal sebagai lokasi tempatnya buah tangan khas Semarang.

Buah jambu air Semarang dijual di pasaran dengan harga lebih mahal dari jambu air kebanyakan karena banyak disukai pembeli dan pasokannya yang terbatas dari sentra produksi jambu tersebut di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Jambu air semarang dapat berbuah dua kali dalam setahun dengan puncak panen pada bulan Mei hingga Juli dan Agustus hingga September.

Seperti tanaman jambu air lainnya, tanaman jambu air Semarang dapat menghasilkan buah setelah berusia satu tahun lebih. Hasil panen akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia tanaman jambu air tersebut. Untuk mendapatkan buah yang bermutu, buah jambu muda dapat dibungkus dengan plastik atau kertas Koran di pohonnya. Masa yang paling sesuai untuk membalut buah ialah apabila kesemua kelopak bunga dan debunga telah gugur.

Bibit Jambu Air Semarang

Bibit jambu air Semarang dengan harga mulai Rp. 45.000,- (bibit asal okulasi dan cangkok) dapat diperoleh melalui pemesanan ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau SMS ke 0818 0637 0391

 

Additional information