Mangga Carabao

 Tanaman mangga Carabao adalah varietas mangga yang pada bulan Mei 2011 mengisi koleksi tanaman di kebun  LembahPinus.Com 

Carabao Mango yang berarti mangga kerbau dalam bahasa tagalog adalah mangga introduksi dari negara Filipina dimana di negara tersebut pada saat tulisan ini dibuat, mangga Carabao telah menjadi komoditi buah ekspor yang menghasilkan devisa setelah merambah pasar ke Hongkong, Jepang, dan Singapura.

Secara rasa, manisnya daging buah mangga Carabao yang berwana kuning dengan serat halus serta aroma yang kuat ini memang masih berada di bawah mangga  Kensington Apple, jika mangga carabao memiliki kadar gula sukrosa 16,4% maka mangga Kensington Apple memiliki kadar gula 17.7%

Mangga Carabao memiliki tampilan warna kulit buah yang menarik yang membuatnya laku di pasaran internasional. Mangga carabao memiliki warna kulit kuning merata pada saat buah matang dan kulit ini dapat mudah dikupas, bahkan dengan tangan kosong tanpa menggunakan pisau.

Mengispirasi Rekayasa Genetik Arumanis

Masyarakat internasional khususnya yang berasal dari belahan bumi barat selama ini sudah mempersepsikan bahwa warna kuning dari kulit buah mangga dengan manisnya rasa buah mangga, persepsi ini tampaknya menjadi penghalang utama dari mangga Arumanis untuk masuk ke pasaran Internasional.

Melihat kondisi inilah maka Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Jawa Timur (Jatim) bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang, pada tahun 2005 memulai usaha merekayasa genetik mangga Arumanis 143 yang menurut jadwal akan selesai pada  tahun 2011 ini.

Proses rekayasa Arumayu ini, demikianlah varietas ini yang nantinya akan dinamakan, dilakukan dengan menyilangkan mangga Arumanis 143 asal Pasuruan, mangga Podang asal Kediri, dan mangga Carabao dari Filipina. Mangga Arumayu nantinya akan dikembangkan untuk pasar ekspor.

Inducing KNO3

Seperti kebanyakan tanaman mangga pada umumnya, produksi buah dari pohon mangga Carabao juga akan menggila ketika tanaman mendapat perlakuan flower inducing dengan KNO3 atau yang biasa kita kenal dengan Potassium Nitrate. Petani mangga Carabao di Filipina biasa melakukan penyemprotan larutan KNO3 secara teratur untuk merangsang pembentukan bunga setiap tahunnya. Jika sahabat  LembahPinus.Com  ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang teknik  flower inducing dengan KNO3pada tanaman mangga Carabao, sahabat  LembahPinus.Com dapat melihat link berikut

"Carabao Merah"

Entah dari mana asalnya, beberapa nursery di Jakarta ternyata juga memiliki koleksi mangga Carabao tapi dengan klaim memiliki ciri-ciri  kulit buah berwarna merah. Secara literatur, kulit berwarna merah bukanlah merupakan ciri-ciri dari mangga Carabao, tetapi tidak ada salahnya jika sahabat  LembahPinus.Com yang gemar mengkoleksi tanaman mangga untuk mengkoleksi mangga "Carabao merah" ini seperti LembahPinus.Com yang lakukan.

Bibit Mangga Carabao

Bibit mangga Carabao dengan tajuk rimbun asal cangkok setinggi 90Cm dengan harga Rp. 300.000,-  dapat diperoleh melalui pemesanan SMS ke 0818 0637 0391atau melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Additional information