Home

Durian Si Jampang

Ya ampun ... begitu lezatnya rasa durian asal Betawi ini, ketika akhirnya LembahPinus.Com (LPC) menyadari tidak ada lagi buah utuh yang dapat diambil gambarnya untuk dijadikan dokumentasi di situs ini.

Si Jampang, demikianlah LembahPinus.Com (LPC) menyebut nama buah durian yang diperoleh di daerah Meruya Selatan Kebun jeruk Jakarta. Penamaan Si Jampang ini diambil dari tampilan pedagang buah yang mengenakan pakaian khas jagoan Betawi tempo dulu lengkap dengan golok di pinggang. Pusing, karena "sang jagoan" ini pun tidak tahu apa varietas jenis durian yang dijualnya seperti kebanyakan pedagang buah durian kagetan lainnya, maka LPC memilih menggunakan nama jagoan legenda Betawi untuk menamakan durian dengan penampilan dan rasa yang pantas dijagokan ini.

Lain Si Japang, lain Si Jampang. Si Japang adalah varietas durian unggulan yang beasal dari daerah Awang Bangkal, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan. Sedangkan Si Jampang adalah buah durian asal Betawi yang LPC jagokan untuk dijadikan buah durian unggulan asal kota Jakarta.

Durian Si Japang dan Si Jampang memiliki kesamaan bentuk buah yang bulat lonjong dengan kulit buah berwarna hijau kekuningan, berduri kerucut yang tersusun jarang. Lima juring yang ada di dalam durian Si Jampang menyimpan daging buah berwarna kuning tembaga yang kering dan berserat halus dimana daging buah setebal 1,5-2 cm nya ini menyimpan rasa manis legit yang sangat memanjakan lidah. Didalam daging buah ini jugalah tersimpan biji buah berukuran kecil, bahkan banyak di antaranya yang kempes.

Bibit Durian Si Jampang

Durian Si Jampang sekarang ini sedang dicoba untuk dibudidayakan melalui bibit asal biji di Kebun@Bintaro. Menaruh harapan yang besar akan kelestarian buah durian lokal yang sebenarnya mempunyai kualitas rasa buah jauh di atas durian Monthong, LPC akan mencoba membudidayakan "durian temuan" ini dengan memodifikasi sistem perakaran menjadi sistem perakaran ganda.

Pada modifikasi ini, bibit yang tumbuh dari biji akan diberikan sistem perakaran tambahan yang diambil dari donor tanaman durian lainnya. Dengan cara ini, diharapkan bibit durian akan tumbuh jauh pesat dan dalam waktu yang relatif singkat dapat memasuki fase generatifnya serta peningkatan berat bobot buah dari 1,5-2,5 kg perbuahnya menjadi diatas 3Kg, bahkan di atas 4 Kg seperti halnya ukuran durian monthong jumbo.

Jadi mohon didoakan supaya apa yang telah direncanakan dan dilakukan  LPC dapat mencapai hasil yang diinginkan - Amin.

Additional information